Selasa, 16 Juni 2009

REGULATOR TEGANGAN

Voltage Regulator

Gb. PIN Regulator 78xx & 79xx
LM 78xx
REGULATOR TEGANGAN POSITIF Dengan 3 TERMINAL
( 3 Terminal Positive Voltage Regulator )


Seri LM 78xx Adalah Regulator Dengan 3 Terminal, Dapat Diperoleh Dengan Berbagai Tegangan Tetap. Tegangan-Tegangan yang Diperoleh dari padanya Memungkinkan Regulator Untuk Dipakai Dalam :
1. Sistem-Sistem Logika.
2. Instrumentasi.
3. HiFi
4. Kelengkapan Elektronik-Elektronik yang Lainnya.

Meskipun Semula Dirancang Sebagai Regulator Tegangan Tetap, Namun Akan Dapat Juga Diperoleh Tegangan-Tegangan & Arus-Arus yang Dapat Disetel Dengan Tambahan Komponen Eksternal.
Seri LM 78xxC Dapat Diperoleh Dalam Kemasan TO-3 Aluminium, yang Boleh Mengeluarkan Arus Lebih Dari 1,0 A Asalkan Dilengkapi Dengan Pembenam Panas ( Heat Sink ). Disertai Pula Pembatas Arus Guna Membatasi Arus Keluaran Puncak Pada Harga yang Aman & Juga Dilengkapi Pengamanan Bagi Daerah Aman Untuk Transistor Akhir Guna Membatasi Borosan ( Disipasi ) Daya Intern.

Gb. PIN IC Regulator LM 317 T



LM 317 Adalah Sebuah Regulator Tegangan Positif yang Dapat Disetel / Seting yang Memiliki 3 Terminal & Mampu Untuk Mencatu Lebih Dari 1.5 A Pada Tegangan Keluaran Dalam Jangkah Antara 1.2 – 37 V.
LM 317 Mudah sekali Digunakan & Hanya Memerlukan Dua Resistor Ekstern Guna Menentukan Tegangan Keluarannya ( Output ). Selain itu, Peregulasian Beban Maupun Peregulasian Jaringan Adalah Lebih Baik Dari Regulator-Regulator Tetap yang Standar. Selain Kelebihan Terhadap Regulator-Regulator Tetap tsb, Seri LM 317 Menyediakan Pengamanan Penuh Terhadap Pembebanan Lebih yang Dapat Diselenggarakan Hanya Dalam IC.

Pada Chip itupun termasuk pula :
1. Pembatas Arus.
2. Pengamanan Terhadap Pembebanan Lebih Termik.
3. Juga Pengamanan Bagi Daerah Pengaman.

Semua Rangkaian-Rangkaian Pengamanan Tetap Berfungsi Penuh, Meskipun Terminal Penyetel Ditinggalkan. LM 317 Ditarifkan Untuk Dioperasikan Pada Suhu 0 – 125 oC.


Untuk Mencari Vout Pada Power Supply Yang Menggunakan IC Regulator LM 317 Dapat Kita Hitung Menggunakan Rumus Sbb :

Vout = 1,25 ( R2 / R1 + 1 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar